Sabtu, 24 Januari 2015

Laporan Aplikasi Input Berita

LAPORAN PRAKTIKUM
 PEMROGRAMAN MOBILE



Disusun Oleh :

Yati Purnama Sari                   : 1310128262105





PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNIK IBNU SINA BATAM
2015




LEMBAR PENGESAHAN












Batam, 18 Januari 2015

Kepala Lab. Komputer,                                                       Dosen Pengampuh,



             Abdul Rahmat Basar, S.Kom                                                Ropianto M.Kom
                                                                                                          Nidn. 102867804






BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Program

            Aplikasi adalah sebuah program yang siap digunakan yang dibuat untuk melaksanakan fungsi bagi pengguna jasa aplikasi serta pengguna aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan sesuatu. Aplikasi sangat berguna pada saat ini. Terlebih pada era moderenisasi seperti saat ini, Berita sangat mudah di dapatkan secara online sehingga semua orang dapat melihat berita secara realtime dan update setiap saat.

1.2       Tujuan Aplikasi

            Tujuan aplikasi ini adalah:

  1. Membantu user dalam penginputan data berita, hadware dan juga data kerusakan.
  2. Sistem ini terhubung didalam jaringan komputer dan mempermudah petugas menginput, dan mengubah data dengan cepat dan efisien

1.3       Manfaat Aplikasi

            Manfaat aplikasi ini adalah :
      1.            Mempermudah proses pencatatan data secara tepat



BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1       HTML

            Saat ini banyak sekali bahasa pemrograman untuk web. Namun HTML tetap menjadi tulang punggung aplikasi web. Sekalipun sejumlah teknologi pendukung aplikasi web telah muncul, peran HTML tetap tidak tergantikan. Kehadiran seperti PHP atau JSP merupakan sebagai pelengkap yang memungkinkan aplikasi web tidak lagi bersifat statis, melainkan bersifat dinamis. Perubahan-perubahan pada sisi server. Artinya, kode seperti PHP dan JSP berjalan di server. Selain cara seperti itu, penambahan kode pada HTML juga bisa dilakukan pada sisi klien (Kadir, 2011).

2.2       PHP

            Ada beberapa pengertian tentang PHP. Akan tetapi kurang lebih PHP dapat kita ambil arti sebagai PHP Hypertext Preeprocessor. Ini merupakan bahasa yang hanya dapat berjalan pada server yang hasilnya dapat ditampilkan pada klien (Nugroho, 2004).
            PHP merupakan bahasa pemrograman berbentuk script yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasil dari pengolahan akan dikirimkan ke klien, tempat pemakai menggunakan browser. Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, kita bisa menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsipnya, PHP mempunyai fungsi yang sama dengan script seperti ASP (Actives Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl (Kadir, 2001). 
            PHP merupakan bahasa standar yang digunakan dalam dunia web site. PHP adalah bahasa program yang berbentuk script yang diletakan di dalam server web. PHP sebenarnya merupakan program yang berjalan pada platform LINUX sehingga membuat program ini menjadi free ware. Selanjutnya PHP mengalami perkembangan yakni dibuat dalam versi windows. Script murni PHP dapat anda dapatkan pada alamat www.php.net. disana anda akan mendapatkan script-script PHP secara gratis mulai dari versi awal sampai versi akhir.
            PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan pada dokumen HTML (Peranginangin, 2006).

2.3       CSS

            CSS (Cascanding Style Sheets) biasa digunakan dalam dokument HTML untuk menciptkan suatu style yang dipakai untuk mengatur penampilan elemen HTML. Dengan menggunakan style, suatu elemen dapat diformat dengan fitur yang jauh lebih kaya daripada yang disediakan oleh elemen HTML itu sendiri (Kadir, 2011).

2.4       Dreamweaver

            Dreamweaver adalah suatu bentuk program editor web yang dibuat oleh macromedia. Dengan program ini seorang programmer web dapat dengan mudah membuat dan mendesain webnya. Dreamweaver adalah editor yang komplit yang dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana yang berbentuk layer. Dengan adanya program ini akan memudahkan mengetik script-script format HTML, PHP, ASP maupun bentuk program yang lainnya. Dreamweaver ini banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan untuk menggunakannya. Versi terakhir Adobe Dreamweaver adalah Adobe Dreamweaver CS6. Macromedia Dreamweaver berubah menjadi Adobe Dreamweaver karena Macromedia di akuisisi oleh Adobe System sehingga seluruh produk yang dibuat oleh Macromedia kini diawali dengan kata Adobe (Pradipta, 2012).
            Adobe Dreamwaver CS6 adalah versi terbaru dari Dreamwaver yang merupakan bagian dari Adobe Creative Suite 6. Dreamwaver sendiri merupakan aplikasi yang digunakan sebagai HTML editor professional untuk mendesain web secara visual. Aplikasi ini juga biasa dikenal dengan istilah WYSIWYG (What You See Is What You Get), yang intinya membuat sebuah site dan dapat melihat hasil desainnya secara langsung. Dengan kemampuan fasilitas yang optimal dalam jendela design akan memberikan kemudahan untuk mendesain web meskipun untuk para web desain pemula sekalipun.
            Kemampuan Dreamwaver untuk berinteraksi dengan bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, JavaScript dan yang lainnya juga memberikan fasilitas maksimal kepada desainer web dengan menyertakan bahasa pemrograman didalamnya (Madcoms, 2011).




BAB III

PEMBAHASAN

3.1       Perancangan Sistem

            Perancangan sistem adalah suatu teknik untuk merancang perangkat lunak atau program. Tujuan perancangan sistem adalah memberikan suatu prosedur yang dapat digunakan oleh pengembang sistem untuk membuat suatu keputusan secara sistematis.
            Definisi Perancangan Sistem menurut George M.Scott adalah “Desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti  diselesaikan: Tahap ini menyangkut mengkonfirmasi suatu system sehingga setelah diinstalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang diterapkan pada tahap analisa”. (Jogiyanto, 2005)

3.2       Perancangan Antarmuka (Interface Design)

            Perancangan antar muka yang dimaksud untuk menggambarkan pilihan masukan dari petugas/pengguna berupa menu-menu kemudian dilakukan proses pemanggilan data yang tersedia dalam database server dan menjadikan keluaran (output). Perancangan tampilan input dan output sebagai berikut:

1.      Login


Gambar 1 : Form Login

2.      Halaman Admin
Halaman admin ini berisikan menu-menu dari pengisian link-link yang berhubungan kehalaman input, data, pencarian dan tentang aplikasi yang dibuat



Gambar 2 : Halaman Admin




3.      Halaman Input Berita
Gambar 3 :  Input Berita

4.      Halaman Tampil Berita


Gambar 4 :  Tampil Berita
5.      Halaman Input Hadware

Gambar 5 :  Input Hardware

6.      Halaman Input Kerusakan

Gambar 6 : Input Kerusakan


7.      Halaman Tampil Kerusakan

Gambar 7 : Tampil Kerusakan


8.      Halaman Tampilan Utama

Gambar 8 : Halaman Tampilan Utama

3.3       Perancangan Database

            Perancangan struktur database data ini untuk membuat struktur tabel yang digunakan dalam penyimpanan data pada aplikasi hardware yang dibuat. Struktur data yang digunakan pada aplikasi ini menggunakan MySQL dan berikut adalah rancangan tabel-tabel yang digunakan.
1)        Tabel tabel_berita
Database                          : dbhardware
Primary Key                     : id
Deskripsi                          : menyimpan data berita
Tabel tabel_berita
No
Nama Field
Tipe
Lebar
Keterangan
Null
1
id
Int
9
Urutan
Tidak
2
judul_berita
Varchar
100
Judul berita
Tidak
3
Detail_berita
Longtext
-

Tidak
4
Tanggal
Date
-
Tanggal berita
Tidak
5
Foto
Varchar
200
Foto
Tidak
6.
Dibaca
Int
11

Tidak

2)        Tabel tbl_hardware
Database                           : dbhardware
Primary Key                      : id
Deskripsi                           : menyimpan data hardware
Tabel tbl_hardware
No
Nama Field
Tipe
Lebar
Keterangan
Null
1
Id
Int
6
Urutan
Tidak
2
J_hardware
Varchar
100
Nama Hardware
Tidak
3
Ket
Text
-
Keterangan
Tidak

3)      Tabel tbl_kerusakan
Database                           : dbhardware
Primary Key                      : id
Deskripsi                           : menyimpan data kerusakan
Tabel tbl_kerusakan
No
Nama Field
Tipe
Lebar
Keterangan
Null
1
Id
Int
6
Urutan
Tidak
2
Gejala
Varchar
100
Gejala
Tidak
3
Penyebab
Text
-
Penyebab
Tidak
4
Solusi
Text
10
Solusi
Tidak
5
J_hardware
Varchar
100
Nama Hardware
Tidak
6
Keterangan
Text
-

Tidak

4)      Tabel tbl_user
Database                           : dbhardware
Primary Key                      : id
Deskripsi                           : menyimpan data User
Tabel tbl_user
No
Nama Field
Tipe
Lebar
Keterangan
Null
1
Id
Int
2
Urutan
Tidak
2
Username
Varchar
100
Username
Tidak
3
Password
Varchar
100
Password
Tidak

3.4       Pembuatan (Construction)

3.4.1    Pengkodean (Coding)
            Dalam pembuatan program (coding), menggunakan PHP  versi 5.2.6 sebagai bahasa pemrograman pada aplikasi ini, MySQL, sebagai basis datanya, Apache (Win 32) sebagai web servernya  semuanya tergabung dalam Appserver Open Project 2.5.10 for windows , untuk pengolahan gambarnya menggunakan Adobe Photoshop CS6, dan Microsoft Office Word 2007 untuk pembuatan teks laporan, Notepad++ v5.9.4 sebagai desain program webnya, emulator yang digunakan sebagai browser menggunakan Google Chrome 39.0 & Safari  sebagai web browsernya.
3.4.2    Test /Pengujian
            Pada tahap pengujian menggunakan spesifikasi perangkat keras dan lunak untuk sistem pengguna dan sistem client menggunakan perangkat yang sama sebagai berikut:
      1.            Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.         Operating system             : Windows 7 & Ios 7.02
      2.            Web Browser                          : Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari
      3.            Spesifikasi perangkat keras yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.         Motherboard                    : Intel
b.         Processor                          : Core i5
c.         Harddisk                          : 500 GB
d.        RAM                                : 4GB
e.         Keyboard                         : standard
f.          Mouse                              : standard
           
            Dalam pembuatan aplikasi ini akan melakukan pengujian sistem dengan aplikasi browser Google Chrome.







BAB IV

IMPLEMENTASI

4.1       Implementasi Sistem

Implementasi sistem adalah langkah-langkah atau prosedur-prosedur yang dilakukan dalam menyelesaikan desain sistem yang telah disetujui, untuk menguji, menginstall, dan memulai sistem baru atau sistem yang diperbaiki untuk menggantikan sistem yang lama.

4.2       Tujuan Implementasi Sistem

            Tujuan implementasi sietem adalah sebagai berikut :

  1. Menyelesaikan desain sistem yang telah disetujui sebelumnya.
  2.  Memastikan bahwa pengguna dapat mengoperasikan dengan mudah  terhadap sistem yang baru sehingga mendapatkan informasi yang baik dan jelas.
  3. Memastikan bahwa sistem yang baru telah berjalan dengan lancar dengan mengontrol dan melakukan instalasi yang baru secara benar.

4.3       Pengujian Sistem

            Pengujian sistem pada perangkat PC (personal computer) & Handphone untuk mengetahui kinerja aplikasi e-ktp berbasis website dan mobile seperti yang ingin diharapkan, maka melakukan pengujian beberapa aplikasi browser yang ada di perangkat keras computer & Handphone
            Pengujian aplikasi ini  dilakukan pada PC dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Waktu loading pada setiap browser pada masing-masing personal computer & Handphone.
No
Perangkat percobaan
Sukses
Tidak
Sukses
1
Isi spek komputer Yati
Sistem Operasi : Windows 7 ultimate
Browser :
Mozilla Firefox Versi 21.0 (website)
Google Chrome Versi 39.0 (website)



v
v

2
Iphone 4
Sistem Operasi : Ios 7.01
Browser :
Safari versi 3.02



v


4.4       Proses pengujian sistem

            Langkah selanjutnya:
1)        Buka aplikasi browser (Google Chrome & Safari)
2)        Pada halaman address di aplikasi ketik dengan http://localhost/hardware atau http://Ip-computer/hardware (untuk HP) , enter pada keyboard halaman utama akan ditampilkan seperti dibawah ini

Gambar 8 : Halaman Utama Aplikasi

            Setelah halaman utama dari web ini dibuka, penulis telah mencoba melakukan pengujian setiap halaman, dan hasil pada tabel berikut ini :

Tabel 5.2 : Pengujian halaman
Perangkat pengujian program
Status
Personal computer (PC)
Sukses
Tidak
1)             http://localhost/hardware/admin
2)             http://localhost/hardware/admin/home.php
3)             http://localhost/hardware/admin/input_berita
4)             http://localhost/hardware/admin/berita
5)             http://localhost/hardware/admin/input_hardware
6)             http://localhost/hardware/admin/input_kerusakan
7)             http://localhost/hardware/admin/dt_kerusakan
8)             http://localhost/hardware/index

Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö






BAB V

PENUTUP

5.1       Kesimpulan

            Apikasi ini sudah mampu memenuhi kebutuhan dalam proses penginputan data berita, data hardware, data kerusakan dan juga dapat menampilkan berita serta dapat mencetak berita. Sehingga aplikasi ini sudah dapat digunakan sebagaimana mestinya.

5.2       Saran


  1.  Bagi adik tingkat lainnya diharapkan mampu mengembangkan aplikasi ini agar dapat menjadi lebih baik.
  2.  Perlu diperbaikinya tampilan berita, agar tampilan berita dapat terarah dan tersusun dengan rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar