Disusun Oleh :
Yati Purnama Sari : 1310128262105
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNIK IBNU SINA BATAM
2015
LEMBAR
PENGESAHAN
Batam, 18 Januari 2015
Kepala Lab. Komputer, Dosen Pengampuh,
Abdul Rahmat
Basar, S.Kom Ropianto M.Kom
Nidn. 102867804
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Program
Aplikasi
adalah sebuah program yang siap digunakan yang dibuat untuk melaksanakan fungsi
bagi pengguna jasa aplikasi serta pengguna aplikasi lain yang dapat digunakan
untuk melakukan sesuatu. Aplikasi sangat berguna pada saat ini. Terlebih pada
era moderenisasi seperti saat ini, Berita sangat mudah di dapatkan secara
online sehingga semua orang dapat melihat berita secara realtime dan update
setiap saat.
1.2 Tujuan
Aplikasi
Tujuan aplikasi ini adalah:
- Membantu user dalam penginputan data berita, hadware dan juga data kerusakan.
- Sistem ini terhubung didalam jaringan komputer dan mempermudah petugas menginput, dan mengubah data dengan cepat dan efisien
1.3 Manfaat
Aplikasi
Manfaat aplikasi ini adalah :
1.
Mempermudah
proses pencatatan data secara tepat
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 HTML
Saat
ini banyak sekali bahasa pemrograman untuk web. Namun HTML tetap menjadi tulang
punggung aplikasi web. Sekalipun sejumlah teknologi pendukung aplikasi web
telah muncul, peran HTML tetap tidak tergantikan. Kehadiran seperti PHP atau
JSP merupakan sebagai pelengkap yang memungkinkan aplikasi web tidak lagi
bersifat statis, melainkan bersifat dinamis. Perubahan-perubahan pada sisi
server. Artinya, kode seperti PHP dan JSP berjalan di server. Selain cara
seperti itu, penambahan kode pada HTML juga bisa dilakukan pada sisi klien
(Kadir, 2011).
2.2 PHP
Ada beberapa pengertian tentang PHP.
Akan tetapi kurang lebih PHP dapat kita ambil arti sebagai PHP Hypertext Preeprocessor. Ini merupakan
bahasa yang hanya dapat berjalan pada server yang hasilnya dapat ditampilkan
pada klien (Nugroho, 2004).
PHP merupakan bahasa pemrograman
berbentuk script yang ditempatkan dalam
server dan diproses di server. Hasil dari pengolahan akan dikirimkan ke klien,
tempat pemakai menggunakan browser. Secara khusus, PHP dirancang untuk
membentuk web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan
permintaan terkini. Misalnya, kita bisa menampilkan isi database ke halaman
web. Pada prinsipnya, PHP mempunyai fungsi yang sama dengan script seperti ASP
(Actives Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl (Kadir, 2001).
PHP merupakan bahasa standar yang
digunakan dalam dunia web site. PHP
adalah bahasa program yang berbentuk script yang diletakan di dalam server web. PHP sebenarnya merupakan
program yang berjalan pada platform LINUX sehingga membuat program ini menjadi free ware. Selanjutnya PHP mengalami
perkembangan yakni dibuat dalam versi windows. Script murni PHP dapat anda
dapatkan pada alamat www.php.net. disana anda akan mendapatkan script-script PHP secara gratis mulai
dari versi awal sampai versi akhir.
PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan
sebagai bahasa script server-side
dalam pengembangan web yang disisipkan pada dokumen HTML (Peranginangin, 2006).
2.3 CSS
CSS
(Cascanding Style Sheets) biasa
digunakan dalam dokument HTML untuk menciptkan suatu style yang dipakai untuk mengatur penampilan elemen HTML. Dengan
menggunakan style, suatu elemen dapat
diformat dengan fitur yang jauh lebih kaya daripada yang disediakan oleh elemen
HTML itu sendiri (Kadir, 2011).
2.4 Dreamweaver
Dreamweaver
adalah suatu bentuk program editor web yang dibuat oleh macromedia. Dengan
program ini seorang programmer web dapat dengan mudah membuat dan mendesain
webnya. Dreamweaver adalah editor yang komplit yang dapat digunakan untuk
membuat animasi sederhana yang berbentuk layer. Dengan adanya program ini akan
memudahkan mengetik script-script
format HTML, PHP, ASP maupun bentuk program yang lainnya. Dreamweaver ini
banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik
dan kemudahan untuk menggunakannya. Versi terakhir Adobe Dreamweaver adalah
Adobe Dreamweaver CS6. Macromedia Dreamweaver berubah menjadi Adobe Dreamweaver
karena Macromedia di akuisisi oleh Adobe System sehingga seluruh produk yang
dibuat oleh Macromedia kini diawali dengan kata Adobe (Pradipta, 2012).
Adobe
Dreamwaver CS6 adalah versi terbaru dari Dreamwaver yang merupakan bagian dari
Adobe Creative Suite 6. Dreamwaver sendiri merupakan aplikasi yang digunakan
sebagai HTML editor professional
untuk mendesain web secara visual. Aplikasi ini juga biasa dikenal dengan
istilah WYSIWYG (What You See Is What You
Get), yang intinya membuat sebuah site dan dapat melihat hasil desainnya
secara langsung. Dengan kemampuan fasilitas yang optimal dalam jendela design akan memberikan kemudahan untuk
mendesain web meskipun untuk para web desain pemula sekalipun.
Kemampuan
Dreamwaver untuk berinteraksi dengan bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, JavaScript dan yang lainnya juga
memberikan fasilitas maksimal kepada desainer web dengan menyertakan bahasa
pemrograman didalamnya (Madcoms, 2011).
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Perancangan
Sistem
Perancangan
sistem adalah suatu teknik untuk merancang perangkat lunak atau program. Tujuan
perancangan sistem adalah memberikan suatu prosedur yang dapat digunakan oleh
pengembang sistem untuk membuat suatu keputusan secara sistematis.
Definisi
Perancangan Sistem menurut George M.Scott adalah “Desain sistem menentukan
bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan: Tahap ini menyangkut
mengkonfirmasi suatu system sehingga
setelah diinstalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang
diterapkan pada tahap analisa”. (Jogiyanto, 2005)
3.2 Perancangan
Antarmuka (Interface Design)
Perancangan
antar muka yang dimaksud untuk menggambarkan pilihan masukan dari
petugas/pengguna berupa menu-menu kemudian dilakukan proses pemanggilan data
yang tersedia dalam database server dan menjadikan keluaran (output).
Perancangan tampilan input dan output sebagai berikut:
1.
Login
Gambar 1 : Form Login
2.
Halaman Admin
Halaman
admin ini berisikan menu-menu dari pengisian link-link yang berhubungan
kehalaman input, data, pencarian dan tentang aplikasi yang dibuat
Gambar 2 : Halaman Admin
3.
Halaman Input Berita
Gambar 3 : Input Berita
Gambar 4 : Tampil Berita
5.
Halaman Input Hadware
Gambar 5 : Input Hardware
6.
Halaman Input Kerusakan
Gambar 6 : Input Kerusakan
Gambar 7 : Tampil Kerusakan
8. Halaman
Tampilan Utama
3.3 Perancangan
Database
Perancangan
struktur database data ini untuk membuat struktur tabel yang digunakan dalam
penyimpanan data pada aplikasi hardware yang dibuat. Struktur data yang digunakan pada aplikasi ini menggunakan
MySQL dan berikut adalah rancangan tabel-tabel yang digunakan.
1)
Tabel tabel_berita
Database : dbhardware
Primary Key : id
Deskripsi : menyimpan data berita
Tabel tabel_berita
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Lebar
|
Keterangan
|
Null
|
1
|
id
|
Int
|
9
|
Urutan
|
Tidak
|
2
|
judul_berita
|
Varchar
|
100
|
Judul
berita
|
Tidak
|
3
|
Detail_berita
|
Longtext
|
-
|
Tidak
|
|
4
|
Tanggal
|
Date
|
-
|
Tanggal
berita
|
Tidak
|
5
|
Foto
|
Varchar
|
200
|
Foto
|
Tidak
|
6.
|
Dibaca
|
Int
|
11
|
Tidak
|
2)
Tabel tbl_hardware
Database :
dbhardware
Primary Key : id
Deskripsi :
menyimpan data hardware
Tabel tbl_hardware
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Lebar
|
Keterangan
|
Null
|
1
|
Id
|
Int
|
6
|
Urutan
|
Tidak
|
2
|
J_hardware
|
Varchar
|
100
|
Nama
Hardware
|
Tidak
|
3
|
Ket
|
Text
|
-
|
Keterangan
|
Tidak
|
3)
Tabel tbl_kerusakan
Database :
dbhardware
Primary Key : id
Deskripsi :
menyimpan data kerusakan
Tabel tbl_kerusakan
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Lebar
|
Keterangan
|
Null
|
1
|
Id
|
Int
|
6
|
Urutan
|
Tidak
|
2
|
Gejala
|
Varchar
|
100
|
Gejala
|
Tidak
|
3
|
Penyebab
|
Text
|
-
|
Penyebab
|
Tidak
|
4
|
Solusi
|
Text
|
10
|
Solusi
|
Tidak
|
5
|
J_hardware
|
Varchar
|
100
|
Nama
Hardware
|
Tidak
|
6
|
Keterangan
|
Text
|
-
|
Tidak
|
4)
Tabel tbl_user
Database :
dbhardware
Primary Key : id
Deskripsi :
menyimpan data User
Tabel tbl_user
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Lebar
|
Keterangan
|
Null
|
1
|
Id
|
Int
|
2
|
Urutan
|
Tidak
|
2
|
Username
|
Varchar
|
100
|
Username
|
Tidak
|
3
|
Password
|
Varchar
|
100
|
Password
|
Tidak
|
3.4 Pembuatan
(Construction)
3.4.1 Pengkodean (Coding)
Dalam pembuatan program (coding), menggunakan PHP
versi 5.2.6 sebagai bahasa pemrograman pada aplikasi ini, MySQL, sebagai
basis datanya, Apache (Win 32)
sebagai web servernya semuanya tergabung
dalam Appserver Open Project 2.5.10 for windows , untuk pengolahan gambarnya
menggunakan Adobe Photoshop CS6, dan Microsoft Office Word 2007 untuk pembuatan
teks laporan, Notepad++ v5.9.4 sebagai desain program webnya, emulator yang
digunakan sebagai browser menggunakan Google Chrome 39.0 & Safari sebagai web browsernya.
3.4.2 Test /Pengujian
Pada tahap pengujian menggunakan spesifikasi
perangkat keras dan lunak untuk sistem pengguna dan sistem client menggunakan
perangkat yang sama sebagai berikut:
1.
Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan adalah
sebagai berikut :
a.
Operating system :
Windows 7 & Ios 7.02
2.
Web Browser : Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari
3.
Spesifikasi perangkat keras yang digunakan adalah
sebagai berikut :
a.
Motherboard :
Intel
b.
Processor :
Core i5
c.
Harddisk :
500 GB
d.
RAM :
4GB
e.
Keyboard :
standard
f.
Mouse :
standard
Dalam pembuatan aplikasi ini akan
melakukan pengujian sistem dengan aplikasi browser Google Chrome.
BAB IV
IMPLEMENTASI
4.1 Implementasi
Sistem
Implementasi
sistem adalah langkah-langkah atau prosedur-prosedur yang dilakukan dalam
menyelesaikan desain sistem yang telah disetujui, untuk menguji, menginstall,
dan memulai sistem baru atau sistem yang diperbaiki untuk menggantikan sistem
yang lama.
4.2 Tujuan
Implementasi Sistem
Tujuan implementasi sietem adalah sebagai berikut :
- Menyelesaikan desain sistem yang telah disetujui sebelumnya.
- Memastikan bahwa pengguna dapat mengoperasikan dengan mudah terhadap sistem yang baru sehingga mendapatkan informasi yang baik dan jelas.
- Memastikan bahwa sistem yang baru telah berjalan dengan lancar dengan mengontrol dan melakukan instalasi yang baru secara benar.
4.3 Pengujian
Sistem
Pengujian
sistem pada perangkat PC (personal
computer) & Handphone untuk mengetahui kinerja aplikasi e-ktp berbasis
website dan mobile seperti yang ingin diharapkan, maka melakukan pengujian
beberapa aplikasi browser yang ada di perangkat keras computer & Handphone
Pengujian
aplikasi ini dilakukan pada PC dengan
spesifikasi yang berbeda-beda. Waktu loading pada setiap browser pada
masing-masing personal computer &
Handphone.
No
|
Perangkat
percobaan
|
Sukses
|
Tidak
Sukses
|
1
|
Isi spek komputer Yati
Sistem Operasi : Windows 7 ultimate
Browser :
Mozilla Firefox Versi 21.0 (website)
Google Chrome Versi 39.0 (website)
|
v
v
|
|
2
|
Iphone 4
Sistem Operasi : Ios 7.01
Browser :
Safari versi 3.02
|
v
|
4.4 Proses
pengujian sistem
Langkah selanjutnya:
1)
Buka
aplikasi browser (Google Chrome &
Safari)
2)
Pada
halaman address di aplikasi ketik dengan http://localhost/hardware atau http://Ip-computer/hardware (untuk HP) , enter pada keyboard halaman utama akan ditampilkan seperti dibawah ini
Setelah halaman utama dari
web ini dibuka, penulis telah mencoba melakukan pengujian setiap halaman, dan
hasil pada tabel berikut ini :
Tabel 5.2 : Pengujian halaman
Perangkat pengujian program
|
Status
|
|
Personal computer (PC)
|
Sukses
|
Tidak
|
1)
http://localhost/hardware/admin
2)
http://localhost/hardware/admin/home.php
3)
http://localhost/hardware/admin/input_berita
4)
http://localhost/hardware/admin/berita
5)
http://localhost/hardware/admin/input_hardware
6)
http://localhost/hardware/admin/input_kerusakan
7)
http://localhost/hardware/admin/dt_kerusakan
8)
http://localhost/hardware/index
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Apikasi
ini sudah mampu memenuhi kebutuhan dalam proses penginputan data berita, data hardware, data
kerusakan dan juga dapat menampilkan
berita serta dapat mencetak berita. Sehingga aplikasi ini sudah dapat digunakan sebagaimana mestinya.
5.2 Saran
- Bagi adik tingkat lainnya diharapkan mampu mengembangkan aplikasi ini agar dapat menjadi lebih baik.
- Perlu diperbaikinya tampilan berita, agar tampilan berita dapat terarah dan tersusun dengan rapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar